Blogger Backgrounds
..............................................................................................................................

Sabtu, 01 Januari 2011

PENGERTIAN ANGGARAN PERUSAHAAN

1.    Pengertian
Anggaran perusahaan adalah suatu proses perencanaan dan pengendalian kegiatan suatu operasi perusahaan yang dinyatakan dalam suatu kegiatan operasi suatu perusahaan, yang dinyatakan dalam suatu kegiatan dalam satuan uang yang bertujuan untuk memproyeksikan operasi perusahaan tersebut dalam proyeksi keuangan.

2.    Berdasarkan ruang lingkup/ investasi perusahaan, anggaran dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
a.    Anggaran parsial
Yaitu anggaran yang ruang lingkupnya terbatas,misalnya anggaran untuk bidang produksi atau bidang keuangan saja.
b.    Anggaran Komprehensif
Yaitu anggaran dengan ruang lingkup menyeluruh karena kegiatannya meliputi seluruh aktivitas perusahaan dibidang marketing,produksi, keuangan, personalia dan administrasi.

3.     Berdasarkan fleksibelitasnya, anggaran dibedakan menjadi :
a.     Anggaran Tetap (fixed budget)
Adalah anggaran yang disusun untuk periode tertentu dengan volume yang sudah ditentukan dan berdasarkan volume tersebut disusun rencana mengenai revenue, cost dan expense.
b.    Anggaran kontinyu (continues budget)
Adalah anggaran yang disusun untuk periode waktu tertentu dan berdasarkam volume tersebut diperkirakan besarnya revenue, cost dan expense, namun secara periodik dilakukan penilaian kembali.

4.    Tujuan penyusunan anggaran bagi perusahaan
a.    Menyatakan harapan dan sasaran perusahaan secara jelas dan formal
b.    Untuk mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak terkait
c.    Untuk menyediakan rencana terinci mengenai aktivitas dngan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang lebih jelas
d.    Untuk mengoordinasikan cara yang di tempuh dalam rangka memaksimalkan sumber daya
e.    Untuk menyediakan alat ukur dan mengendalikan kinerja individu dan kelompok

5.    Faktor-Faktor yang mempengaruhi anggaran perusahaan
a.    Faktor Intern
yaitu data, informasi dan pengalaman yang terdapat didalam perusahaan sendiri. Contoh : karyawan, modal, sumber daya, upah karyawan, penjualan tahun lau, kapasitas produksi, dll
b.    Faktor Ekstern
yaitu data, informasi dan pengalaman yangterdapat diluar perusahaan, tetapi dirasa mempunyai pengaruh terhadap kehidupan perusahaan.
Contoh : persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat penghasilan, tingkat pendidikan masyarakat, agama, adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat, perekonomian national maupun internasional, kemajuan teknologi dan berbagai kebijakan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar