Blogger Backgrounds
..............................................................................................................................

Senin, 02 Mei 2011

Kampus Tercinta .. Universitas Gunadarma




Well, Nama salah satu PTS di Indonesia ini mungkin sudah tidak asing lagi dikuping masyarakat. Tapi, apa yang mereka tahu tentang Universitas Gunadarma, Pendidikannya yang bagus ? Kampusnya yang besar ? Mahasiswa yang baik,Pintar dan dapat bersaing di dunia luar? Kenapa masyarakat memilih Gunadarma sebagai tempat melangsungkan pendidikan tinggi ? Nah semua itu akan dibahas disini, mulai dari sejarah Universitas Gunadarma, Arti Lambang,Visi dan Misi,dll.

Dimulai dari sejarah Universitas Gunadarma. Berawal dari Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operatonal Research Matematika (SAOR Matematika) pada tanggal 7 Agustus 1981 berdirilah Program Pendidikan Ilmu Komputer(PPIK). Memulai kuliah perdananya tanggal10 Agustus 1981. Nah pada tanggal 9 September 1983 berganti nama dari PPIK menjadi ASKI (Akademi Sains dan Komputer Indonesia). 9 JUli 1984 SAOR berganti nama menjadi Yayasan Gunadarma, lalu10 Juli 1984 ASKI menjadi STKG(Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma). Pada tanggal 28 September 1984 STKG menyelenggarakan wisuda pertamanya untuk strata sarjana muda. Karena tuntutan banyaknya mahasiswa maka didirikanlah kampus Pondok Cina, Depok dengan peletakkan batu pertama pada tanggal 9 Maret 1985. Pada tanggal 5 Oktober 1985 Berdirilah STMIK Gunadarma dengan wisuda pertama STMIK Gunadarma tanggal 24 Januari 1997. 3 tahun kemudian selain ada STMIK Gunadarma didirikan pula STIE Gunadarma dengan program jurusan akuntansi dan Manajemen tepatnya tanggal 13 Januari 1990. Perkembangan Gedung Kampuspun berjalan dengan menambah kampus di Salemba pada tanggal 8 Febuari 1989 dan Kampus Kelapa Dua pada tanggal 28 Maret 1991. Pada tanggal 3 April 1996 berdirilah Universitas Gunadarma. Hingga saat ini perkembangan Universitas Gunadarma bisa dibilang cukup pesat, dengan pengajaran berbasis teknologi informasi menjadikan Gunadarma menjadi salah satu Perguruan Tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Menurut webometrics.info bulan Juli 2010 Universitas Gunadarma menempati peringkat 4 Nasional dibawah UGM,ITB dan UI dan bisa dikatakan PTS terbaik di Indonesia.
Nah Selanjutnya Kita Bahas Arti Lambangdari Universitas Gunadarma
Nah ini Lambangnya, Tahukah Arti dari lambang ini ? Layaknya lambang pancasila, Gunadarma juga memiliki 5 arti dari lambang ini, yaitu :
1. Tangkai Obor yang Berdiri Tegak
Ini melambangkan adanya keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa
2. Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
Diibaratkan sebagai suatu wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam
3. Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmudan menyumbangkannya kepada masyarakat
4. Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu
Suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan
5. Bingkai Segi Lima
Lambang ini menyatakan bahwa Univertsitas Gunadarma berazaskan Pancasila
Nah itu dia tadi arti lambang dari Universitas Gunadarma.
Selanjutnya saya akan membahas Visi dan Misi dari Universitas Gunadarma.
VISI :
Simple, Visinya ialah “Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia”
MISI :
Misi Universitas Gunadarma yaitu “Memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbangkan pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai suatu sarana untuk menghasilkan lulusan yang Berkualitas,Profesional,Kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang, memainkan peranan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan  untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada integrasi Teknologi Informasi dalam setiap aspek kehidupan Masyarakat”
TUJUAN
Setiap Perguruan Tinggi pasti memiliki tujuan masing-masing yang ingin dicapai, begitu pula dengan Universitas Gunadarma dengan tujuannya adalah ” Menjadikan Program Studi yang ada sebagai Program Pendidikan Unggulan masa depan yang berbasiskan Teknologi Informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara”

Nah untuk lebih jelasnya, pembaca dapat meng’link alamat ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar